Sunday 2 March 2014

Travelling sendirian

Wanita bepergian sendiri ke luar negeri? Kenapa tidak, pasti ada tips dan triknya. Ini cerita saya yang pertama kali backpacking ke luar negeri dan benar-benar sendiri.

Perjalanan ini dimulai karena saya mendapat tiket murah pesawat Kota Kinabalu-Singapore-Germany-Finland-Sweden-Finland-Paris-Finland-Rome-Finland-Switzerland-Finland-Germany-Singapore-Kota kinabalu. Saya pun memutuskan untuk membelinya karena tidak mau menyia-nyiakan kesempatan.Namun ini bukan route pertama saya bergerak sendiri ,backpacking partama saya  ialah Kota kinabalu-Singapore,pertama kali ke luar negara, hotel belum di booking,akibatnya saya di tahan beberapa minit sebab tidak tahu penginapan di mana.Trip kita di rancang 100% oleh dua orang sahabat saya dari Kuala Lumpur.

Akhirnya saya di lepaskan apabila salah seorang pegawai imigresen bertanya siapa sahabat saya di Singapore dan dia bekerja sebagai apa lalu meminta no hp sahabat saya.

Setelah mendapat return flight inilah 11 perkara yang harus dilakukan solo traveler perempuan:

1.Minta izin orang tua


Minta  izin dari orang tua adalah penting. Jika telah bekerja, pastikan mendapat kelulusan cuti dari jabatan.

2. Siapkan semua dokumen

Setelah semua izin didapat, pastikan semua dokumen yang berkaitan sudah selesai. Beberapa dokumen tersebut antara lain tiket dan pasport dan juga wang

3. Bawa tripod


Hal lain yang tak penting untuk dipersiapkan adalah membawa tripod untuk memotret diri sendiri. Dengan membawa tripod, anda yang berpergian sendiri tidak perlu  meminta tolong pada orang lain untuk mengabadikan gambar.

4. Cari informasi mengenai tempat yang akan dikunjungi

Saat ini ada banyak sumber informasi mengenai berbagai destinasi. Traveler boleh mendapatkannya melalui buku panduan perjalanan melaui internet seperti Travel guide, forum-forum, atau pun majalah.

5. Pastikan telah memesan penginapan sebelum keberangkatan

Ini penting untuk para solo traveler, terutama bagi anda yang baru pertama kali. Anda tentu tidak mau dipusingkan mencari penginapan saat sampai di tujuan bukan?

6. Buat itinenary  perjalanan 

Karena tidak menggunakan travel agen , Anda harus membuat itinenary perjalanan. Tidak harus lengkap, cukup secara garis kasar saja. Hal ini akan sangat memudahkan kita untuk mengatur waktu.

Tak hanya itu, rencana perjalanan juga memudahkan anda untuk memiliki alternatif lain. Apalagi jika tempat tujuan yang kita rencanakan tutup atau tidak dapat dikunjungi.

7. Berpakaian sopan

Jika berada di negra orang, pakai pakaian yang sopan. Jangan menggunakan pakaian yang ketat, pendek, dan tidak perlu mengenakan high heels. Selain itu tidak perlu menggunakan perhiasan dan make up yang mencolok.

8. Belajar bahasa tempat tujuan

Untuk mempermudah komunikasi, pelajari bahasa destinasi tujuan. Jangan lupa juga untuk selalu tersenyum. Hal ini akan membuat masyarakat lokal merasa senang dan mereka akan lebih bersahabat pada kita.

9. Jangan pulang terlalu malam

Saat berkunjung ke suatu tempat kembalilah ke penginapan pada jam yang normal. Jangan pulang terlalu larut malam, karena Anda tidak tahu bagaimana kondisi daerah tersebut saat larut malam.

10. Jangan mengaku pergi sendiri

Saat bertemu teman baru, dan ditanya dengan siapa kita bepergian jangan sekali-kali memberitahukan mereka bahwa kita sendiri. Katakan saja Anda bepergian bersama teman. hal ini akan membuat mereka lebih segan kepada kita.

11. Berdoa, dan pasrah pada Tuhan

Kenapa ini penting? Tentunya Tuhan lah yang menjaga kita. Tapi Anda harus melakukan tindakan preventif tentunya.

Semoga 11 tips tadi memberikan keberanian untuk para wanita untuk pergi traveling seorang diri.

No comments:

Travel masa pandemik Covid19 (Kota Kinabalu-Kuala Lumpur)

 Tarikh 3 August 2020   Perjalanan dari KKIA menuju ke KLIA2 Kaunter self check in  sebahagian tidak berfungsi,balik-balik scan tak dapat ak...